Label

Jumat, 26 Juli 2013

Aku Jadi Anak Kost :o

Tidak terasa 8 bulan sudah saya jadi anak kost. kalau ditanya suka-duka udah lumayan banyak. Yah mungkin bagi yang udah bertahun-tahun nge-kost udah paham banget lah yah. sebagai newbie anak kost mungkin saya akan terlihat sedikit sok tahu hehe. Tapi tetep saya mau coba runtut satu persatu. Mulai dari cerita anak kost yang mesti jago mengelola keuangan alias rajin makan mie instant atau makan pake kuah (doang) nasi padang hehe~ Anak kost jenis irit sih gak selalu berlaku. Apalagi kalau yang nge-kost udah kerja ya jadi gak ada cerita sedih penghematan ala anak kost hoho. Kecuali hoho mungkin para pegawai diperbantukan kali yaa. :"| mungkin. (pegawai diperbantukan: pegawai yg belom dapet gaji yg sebenernya dan baru dapet honor alakadarnya dan kerjanya bantu-bantu tanpa jobdesk yg jelas<< kok jadi curhat)

Inspirasi saya nulis ini adalah kejadian di kost tadi pagi yang cukup bikin emosi. Sabar-sabar mel :))
Oke mari kita runtut satu persatu, siapa tau tulisan saya bisa menjadi cerminan dan "kira-kira begitulah" bagi yang mau nge-kost :D atau bisa juga dijadikan bahan koreksi diri bagi yang udah ngekost.

Oke mari kita mulai dari dukanya:

1. Senior Kost yang Super Duper Gualak
Jadi nih yaa ternyata yang namanya senioritas itu gak cuma ada di sekolahan loh. Di kost-kostan juga. Nah para penghuni lama ya gak semua juga sih, biasanya memandang dengan mata setengah terpicing sambil berkata dalam hati mereka "heh elo anak baru.. gue anak lama. hebat bukan?!! ini wilayah kekuasaan gueh! ngertos?!" hahaha begitu kira-kira. :))

2. Tragedi Jemuran
Nah berhubung yang namanya kost-kostan penghuninya biasanya banyak, dan tempat menjemur pakaian terbatas, seringkali di kostan itu terjadi yang namanya tragedi jemuran. Dan parahnya tragedi jemuran ini yang paling sering menyebabkan pertengkaran hebat di kost-an saya. 

a) Tragedi Jemuran 1
         Awal-awal saya and the gank nge-kost di kostan tersebut (ribet :p) kami gak nyangka kalau sensitivitas penghuni kostan akan wilayah kekuasaan jemuran amat signifikan terhadap psikologic dari penghuni lainnya. Dimalam yang sunyi itu tiba-tiba terjadi kehebohan. Seorang senior kost mendobrak kamar saya ketika saya tengah asyik berbaring (oke lebay sebenarnya pintunya terbuka dan dia langsung masuk=.=)
"Bilangin ya sama temen2 lo!! kalo jemuran udah kering tuh langsung diangkat!! Tau gak? gue sampe laundry2 gara-gara jemuran penuh terus!!"
Saya yang berbaring cuma bisa bengong dan berkata "oke"
        Saya pun segera berlari ke kamar temen-temen saya dan  menyampaikan pesan dari kakak itu. Temen2 saya bukannya segera mengangkat jemuran, mereka malah meringkuk ketakutan karena yang "mendobrak" kamar kost saya itu adalah *jengjeng suara drum* ratunya senior kost yang paling gualak.
Kemudian si ratu senior kost berteriak bak petir yang membuat ringkih yang mendengarnya
"KALO GAK DIANGKAT JUGA,, GUE LEMPAR-LEMPARIN NIH SEMUANYA KE JALAN!!!"
Bukannya berlari ke jemuran kami malah semakin meringkuk di satu kamar. Dan saya malah tertawa-tawa geli tidak tertahan tapi juga terlalu takut keluar untuk menanggapi "awkward momment" seperti itu.
Beberapa saat kemudian kami menemukan jemuran kami sudah tergeletak lemah tidak berdaya di depan tangga menuju jalan keluar kostan.  :")

b) Tragedi Jemuran 2
Yang namanya senior kost biasanya mereka sudah solid dan menjadi satu geng.  Dan di suatu malam yang lagi-lagi sunyi, terjadi Tragedi Jemuran yang menyebabkan geng senior kost pecah kongsi. hihi *eh
Ya lagi-lagi karena permasalahan jemuran yang saya juga gak tau permasalahan mereka yang sebenarnya bagaimana. Seketika kami menjadi saksi mata tragedi mereka berkejar-kejaran sambil teriak-teriak heboh. Kemudian dilanjutkan dengan aksi gedor-gedor pintu yang sungguh dramatis dan diakhiri dengan Bapak kost yang akhirnya melerai dan menenangkan tragedi jemuran malam itu. -__-

c) Tragedi Jemuran 3,4,5,6,7,8,.......100
Ini nih tragedi rutin tapi masi bisa di sabar-sabarin :))
Jemuran yang berpindah-pindah secara ajaib. Padahal yah setiap orang memiliki tujuannya masing-masing menentukan letak dimana yang baik dan benar dalam menjemur. Misalnya diletakkan ke pinggir dekat udara luar, itu karena ingin cepat kering karena udah gak ada pakaian bersih lain lagi misalnya -_-"
Atau diletakkin di pojok, itu karena mau ditinggal pulang kampung misalnya. Yagitudeh.

Pesan Moral: Saling menghormati dan menghargai. Kalau jemuran kering cepet-sepet diangkat. Jemuran yang bukan jemuran kita jangan dipindah2in sembarangan sampai-sampai si empunya bingung dimana pakaiannya berada. Seperti maen tak umpet dengan jemurannya gitu.

3) Tragedi Kamar Mandi

Ini nih yang menginspirasi saya nulis berbagai duka di kost2an. Jadi ceritanya tadi pagi itu saya mau mandi, tapi ternyata kamar mandi favorit saya sudah ada peralatan mandi, air  keran dibuka, dan handuk tergantung disana which is mean udah "di tekin" (ngerti kan yah di tek'in? apa yah bahasa Indonesianya? ya di tek'in -_-"
oke mungkin saya bisa melakukan kegiatan bermanfaat lainnya (nyetrika) sembari menunggu sang "pengetek" (gaenak banget nyebutnya hahah) memutuskan untuk mandi dan nungguin sampe ia selese. dan apa yang terjadi saudara-saudara? selesai saya nyetrika keadaan kamar mandi masih sama seperti saya belom nyetrika kecuali aer di ember yang udah luber kemana-mana dikarenakan sang "pengetek" belum masuk juga. Ampun saya cuma bisa bilang Astaghfirullah.
Pesan Moral: banyak hal yang bisa dilakuin di kamar mandi sekalipun aernya belom penuh kan? sikat gigi bersihin muka, dll, dll. wasting time banget "tek-tek-an" kayak gitu. . Apalagi yang namanya pagi-pagi semua orang mau mandi. Kalau malem2 ya terserah mau ngetek semalem suntuk asal gak keinget sama orang yang kekeringan di wilayah NTT sana. Kalau belom siap lahir batin buat mandi ya jangan menghalang-halangi orang lain buat mandi. (agak frontal ya tapi demi kemaslahatan umat dan mengurangi orang lain berucap Astaghfirullah kepada Anda ada baiknya mengikuti saran saya^^)

4) Tragedi Tamu-Tamu Annoying

Yang namanya kostan cewek ya isinya cewek semua. dan hal paling annoying yang dateng adalah cowok!! of course annoying banget. Apalagi saya and the gank yang memakai jilbab dan kalau dikostan tampil apa adanya pake baju rumah mesti lari terbirit birit sampe terpeleset-terpeleset setiap kali ada tamu cowok dari senior kost. Errgh. 
Pesan Moral: Yang punya pacar daripada bawa-bawa pacar ke kost mulu lebih baik Nikah ajalah terus ngontrak sendiri. Gitu kan enak kalian senang orang lain pun pun tenang :)) Rugi banget lah kita yang udah berusaha ngejaga aurat malah harus diliat sama pacar orang. eww. :(

Nah begitulah berbagai hal yang bisa terjadi di kost-kostan. intinya saling mengharagai satu sama lain. udah itu aja kalau Sukanya? banyaaak juga karena tinggalnya sama sohib-sohib saya yang unyu-unyu ntar deh dilanjut di tulisan saya part selanjutnyaaa. :))

* Cerita ini dipersembahkan untuk teman-teman seperjuangan kost-an di Rawamangun (Maret 2012 s/d Desember 2012 saat masih ccpns di kantor pusat) Oryza, Dien, Ayuk, dan Dien miss you all ^_^
 
 
-November 2012-

3 komentar: